Cara Tepat Meningkatkan SDM Dalam Bisnis Retail

Meningkatkan SDM

Sumber Daya Manusia atau biasa disingkat dengan SDM ialah suatu potensi dalam diri seseorang untuk membentuk perannya sebagai makhluk sosila yang adaptif  dan transformatif yang mampu menggelolah dirinya sendiri. Suatu Organisasi sangat memerlukan suatu adanya peningkatan Sumber Daya manusia sebab pada saat ini seorang karyawan adalah asset yang sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Semua usaha  dalam bidang apapun memiliki tingkat keperluan dalam mengembangkan suatu sumber daya manusianya. Karena karyawan yang kurang berpengalaman dalam menjalankan tugasnya, serta kurang terampilnya sumber daya.

Meningkatkan SDM

Meningkatkan SDM

Ada beberapa upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia, diantaranya ialah :

1. Dengan mengupayakan berbagai pelatihan

Suatu pengembangan sumber daya manusia yang terpenting adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kreativitas suatu karyawan sesuai dengan bagian yang di kerjakannya. Pelatihan – pelatihan sangat penting di adakannya, perusahaanlah yang bertanggung jawab untuk mengadakan upaya peningkatan suatu kemampuan dan kreativitas terhadap para karyawannya

2. Memberikan Kesempatan Kepada Karyawan Untuk menyumbang Ide

karyawan ialah bagian dari perusahaan yang turut mendukung berjalanya suatu bisnis usaha. Meskipun secara fisik modal dan hak menjalankanya ada di tangan anda, namun sangat penting bagi anda untuk mendengarkan saran dan ide – ide yang diberikan para karyawan. Sebab kemungkinan besar anda mendapatkan gagasan yang lebih fresh dan dibutuhkan oleh perusahaan meskipun mereka hanya eorang karyawan.

Sikap seorang pemimpin yang tidak mau mendengarkan gagasan atau ide – ide dari seorang karyawan akan membuat upaya strategi pengembangan sumber daya manusia semakin melemah dan berjalan lamban, sebab karyawan tidak di beri kebebasan untuk menunjukan potensialnya.

3. Memberikan Fasilitas Untuk Mempermudah Pekerjaan.

Suatu perusahaan harus dapat memberikan fasilitas yang diperlukan oleh seorang karyawan untuk mempermudah pekerjaannya selama masih di ambang batas kewajaran.

Suatu misal anda pengusaha supermarket, anda tentu membutuhkan beberapa alat kasir yang memadahi untuk karyawan anda yang bertugas di kasir. Fasilitas yang sangat di perlukan adalah Barcode Scanner.

Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode kode berbentuk garis – garis vertikal. dengan menggunakan Barcode  Scanner anda dapat memperkecil kesalahan input yang disebabkan oleh kasir anda. selain itu karyawan anda juga dapat mempercepat proses transaksi pembayaran kepada pembeli sehinga mengurangi jumlah antrian yang panjang. Jika kasir anda tidak menggunakan Barcode Scanner maka karyawan anda akan mengalami kesulitan karena kasir anda memasukan penjualan di komputer dengan bantuan nama barang atau kode barang. Nama barang memang dapat memperkecil kemungkinan kesalahan, tetapi butuh banyak waktu yang diperlukan oleh karyawan untuk mengetikan lebih banyak karakter.

Jika anda menggunakan Barcode Scanner karyawan anda dapat dengan cepat memberikan pelayanan dibandingkan dengan mengetik nama barang, dengan Barcode Scanner anda dapat memberikan kode untuk keberadaan ada atau tidaknya stock anda.

Perusahaan yang akan sukses adalah perusahaan yang mengerti bagaimana pentingnya upaya – upaya yang harus diwujudkan untuk melaksanakan strategi pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut. Hubungan seorang karyawan dengan seorang pemimpin bukan hanya terikat atas hubungan kerja, namun secara manusiawi keduanya juga saling berinteraksi, maka strategi pengembangan sumber daya manusia merupakan bentuk apresiasi seorang pemimpin terhadap karyawannya.

Share and Recommend to Your Friends

Share to Google Plus

Berita Bisnis Lainnya:

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>