Cara Sukses Mendirikan Minimarket

Minimarket

Bagi anda yang ingin membuka suatu minimarket non waralaba dan non franchise. Berikut ini adalah cara sukses mendirikan minimarket, di mana minimarket sangatlah banyak dan paling sering di kunjungi oleh semua orang. Tahapan yang harus anda lakukan ketika akan membuka suatu minimarket yang pertama ialah dengan dengan melakukan survei untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya anda melakukan riset sederhana demografi penduduk sekitar untuk menentukan calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai bisnis ini.

Minimarket

Minimarket

 

–> Jika anda membuka minimarket di daerah Surabaya, Jakarta, Bandung, Bali, Jogja dan kota lain yang padat penduduknya, banyaknya penduduk di kota tersebut maka banyak pulalah pengunjung yang akan mendatangi minimarket anda. Mengenai segmen pasar sangatlah penting untuk dilakukan pertama kali sebelum kita melakukan tahap berikutnya.

–> Yang kedua ialah menyiapkan dana untuk minimarket anda. Tidak dapat dipungkiri untuk memulai bisnis minimarket ini tidak bisa di pisahkan dari kesiapan dana yang anda miliki. Seberapa besar dan lengkapnya suatu minimarket yang akan anda buat tersebut tergantung dari kesiapan dana yang anda miliki. Anda membutuhkan bangunan atau ruko untuk tempat minimarket anda,

–> Ketiga adalah menyiapkan sarana fisik untuk minimarket anda. Setelah anda memiliki bangunan atau ruko yang siap digunakan untuk memulai usaha minimarket anda, langkah berikutnya adalah mempersiapkan perkakas, Furniture, dan rak – rak yang nantinya akan ditempatkan barang – barang atau item yang akan dijual di minimarket anda, Ketika anda menyusun rak – rak ini maka lebih baik anda meminta tolong kepada yang ahlinya, Misalnya kepada desain interior atau arsitek karena tata letak rak yang bagus dan menarik akan membuat para pelanggan akan betah berbelanja di minimarket anda pada nantinya.

Sekarang sudah ada beberapa korporasi atau perusahaan yang khusus menjual perangkat – perangkat kebutuhan minimarket seperti rak, Komputer, Barcode Printer, Barcode Scanner, program point of sales ( POS ), dan yang terpenting adalah alat mesin kasir. Dengan alat mesin kasir anda dapat mengurangi tingkat kesalahan yang dilakukan oleh SDM sehingga memperkecil potensi kerugian dan menghindarkan kasir anda memberikan total kalkulasi belanja yang salah ke pelanggan untuk tetap menjaga kredibilitas minimarket anda. Mesin Kasir tersebut juga dapat memperkecil kecurangan yang dilakukan kasir minimarket anda. ketika anda akan menghitung total harga yang akan di bayar oleh pelanggan lebih cepat anda memakai mesin kasir karena, selain anda dapat menghitung dengan cepat pelanggan juga lebih puas karena dapat menerima cetak struk atau kertas pembayaran dari mesin kasir. dan tidak dapat dipungkiri kalau mesin kasir sangatlah penting untuk melakukan usaha.

–> Tahap Keempat ialah strategi penjualan, setelah semua perangkat, isi, dan komputerisasi minimarket sudah selesai dilakukan, artinya minimarket anda sudah siap untuk dibuka untuk melayani pembeli. Minimarket adalah salah satu usaha dagang yang sifatnya pasif , atau menunggu pembeli untuk datang. Bukan anda yang harus mendatangi pembeli seperti halnya pedagang keliling. ada beberapa faktor yang menyebabkan pembeli mau datang untuk berbelanja di minimarket anda, antara lain faktor pelayanan, keamanan, kelengkapan barang yang ada di minimarket, kebersihan, dan yang paling menentukan adalah harga barang yang kita jual, Untuk menentukan harga barang anda harus melakukan survei harga di toko grosir, swlayan, supermarket, hipermarket dan pasar – pasar anda juga harus melakukan kerjasama dengan agen atau sales produk untuk sesekali melakukan promo diskon harga atau pemberian harga untuk pembelian item – item tertentu atau dalam jumlah tertentu karena ini adalah salah satu cara untuk menarik banyak pembeli datang ke minimarket anda. Bila perlu buat selebaran promo diskon yang bisa ditempel di tempat -tempat tertentu atau kita sediakan di depan meja kasir sehingga pembeli bisa dengan mudah melihat dan mengambil selebaran tersebut. lakukan langkah langkah strategi penentuan harga dengan dibarengi oleh pelayanan yang optimal atau biasa di sebut dengan pelayanan prima.

Mungkin anda dapat memulai bisnis membuka minimarket mulai dari sekarang, dan semoga anda sukses dengan tahap – tahap yang telah anda baca…

Sukses untuk anda semua

By: Ruanghati.com

Share and Recommend to Your Friends

Share to Google Plus

Berita Bisnis Lainnya:

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>